Rabu, 22 Juli 2015

Mau Anak Cerdas? Konsumsi ini Saat Hamil



Jakarta- Sudah menjadi rahasia umum bahwa selain kualitas gen yang diturunkan, asupan nutrisi saat ibu hamil akan sangat menentukan kualitas dari bayi yang dilahirkan. Keinginan dari semua orang tua adalah berharap memiliki anak yang sehat, pandai, dan cerdas.  Semua ini harus dimulai dari perkembangan janin saat masih dalam kandungan.
Perkembangan otak janin dimulai sejak 3 minggu setelah pembuahan terjadi. maka beberapa ahli kandungan biasanya sudah memahami kebutuhan kecukupan gizi yang dibutuhkan oleh janin tersebut, dan sudah menjadi kebiasaan untuk memberikan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi perkembangan janin. Namun sifat suplemen yang diberikan merupakan bentuk yang sudah diolah dan dikemas, tidak mungkin dalam bentuk alami yang tentunya akan lebih menguntungkan bagi pihak ibu dan janinnya.
Oleh karena itu, dibawah ini merupakan makanan alami yang harus banyak dikonsumsi bagi para ibu yang sedang mengandung agar dapat menghasilkan bayi dengan kualitas otak yang optimal berikut makanan yang harus di konsumsi:
  • Ikan Sarden. Konsumsi ikan sarden yang alami, jangan mengkonsumsi ikan dalam bentuk kalengan. Nutrisi yang diharapkan dari ikan ini adalah DHA (Docosahexaenoic) yang diketahui dapat membantu proses pematangan sistem saraf pusat yang bertanggung jawab terhadap pengaturan informasi yang masuk dan yang akan disalurkan oleh otak.
  • Telur. Zat yang diharapkan dapat terpenuhi adalah zat besi dimana zat ini sangat dibutuhkan dalam pembentukan zat kimia di otak dan pembentukan myelin. Biasanya bayi atau balita yang kecukupan akan besinya bagus terlihat lebih cepat tanggap dalam berfikir maupun bertindak. Telur ayam kampung lebih direkomendasi karena memiliki kadar zat besi yang lebih tinggi dan rasanya yang lebih gurih sehingga lebih mudah dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil muda.
  • Kacang tanah. Unsur dari kacang tanah yang banyak mengandung selenium merupakan pilihan tepat bagi ibu mengandung. Selenium diketahui berfungsi untuk mengoptimalkan pembentukan otak besar pada perkembangan janin. Selain itu juga kaya akan Vitamin E yang akan mendukung DHA dalam melindungi sel otak.
  • Bayam. Perbanyak konsumsi bayam maka anda akan merasakan dampak positif bagi janin anda yaitu tercukupinya asupan folat. Folat sendiri bekerja sebagai pengatur metabolisme sel termasuk pada organ otak dan juga memiliki fungsi antioksidan.
  • Alpukat. Lakukan konsumsi buah alpukat 1 minggu 3 kali sebanyak 1 buah, asam lemak tak jenuh yang terkandung didalamnya bertanggung jawab dalam pembentukan myelin dan melapisi saraf pada sususan saraf pusat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar